Kamis, 26 Agustus 2010

Let It Flow


Liana : “argh sargassum, sargassum sede'.”
Muche: “kenapai sargassum?”
April : “dapat betulan ki sargassum.”
Muche: “owh... penelitian iyo?”
Liana : “hu um”

Seperti itulah percakapan singkat sejumlah mahasiswa kimia FMIPA UH angkatan 2007, sesaat setelah meninggalkan ruangan di kuliah perdana mereka semester 7.

Semua berlalu begitu singkat...
Baru saja mahasiswa-mahasiswa ini berbondong-bondong kesana kemari bersama-sama dan dengan sebuah pin kuning polos yang bertengger di pakaian masing-masing.
PIN yang menandakan sebuah status kemahasiswaan yang katanya masih dipertanyakan, mahasiswa yang katanya juga belum tahu apa-apa tentang dunia kampus, mahasiswa yang tertindas oleh oknum yang mengatasnamakan dirinya 'pelopor perubahan', oknum yang bagai singa kelaparan bagi mereka semua, oknum yang mereka sebut “senior”
Yah, itu dia masa-masa 'mahasiswa baru'
Ternyata, sekarang mantan-mantan maba ini telah melalui suatu perjalanan panjang yang mereka namakan sebuah proses.
Katanya, jika diibaratkan dari metamorfosis kupu-kupu, saat ini mereka telah menjadi kupu-kupu remaja yang akan segera dewasa dan dibiarkan bebas berekspresi sendiri oleh induknya.

Saat ini mereka telah mulai belajar untuk kehidupan dunia kampus yang mencekam, menentukan pilihan masing-masing, apakah ingin menjadi singa juga bagi maba-mabanya, ataukah menjadi malaikat atau bahkan apatis dan memilih untuk mengejar suatu hal yang mereka anggap adalah sebuah kemutlakan, sebuah tujuan dan imbalan atas semua perjuangan yang telah mereka lalui.
Mulai bergelut di dunia penelitian, sebagai tugas akhir dari perjalanan mereka di jurusan itu, untuk sebuah kemutlakan yang mereka sebut “sarjana”

tak ada lagi kata “let it flow”, bagai air... biarkan mengalir
karena semua punya pilihan yang mesti dan mutlak harus mereka pilih. (gym)

4 komentar:

  1. oyaya????????????
    jd selamax hrus mengikuti air yg mengalir???????

    BalasHapus
  2. @anonim: tidak lah... malah sebalik nya gitu maksud saya... :D

    @trojan-X: ya kak (gym)

    BalasHapus

Lihat Juga